13 Mei 2013

9 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Mahasiswa

      Anak kost, identik dengan kebersamaan jika memang ngekost bareng teman. Bulan muda biasanya banyak sukanya, ada yang makan bareng pacar dan sebagainya. Namun saat bulan tua biasanya akan ada tradisi makan sepiring berdua hingga terkadang berlima, yang lebih tragis bisa jadi bersepuluh kalo ada tamu yang tak diundang. Ya begitulah kehidupan anak kost, penuh suka duka yang sangat bermakna, termasuk saya juga saat ini merupakan anak kost merasakan hal tersebut, kadang-kadang pusing juga sih mikirinnya, agkgkgkgk....

Pusing Mikirin Makan Besok, wkwkwk...


      Nah, kali ini saya akan membeberkan bagaimana agar dapat menghadapi bulan tua dengan santai tanpa kelaparan buat kamu-kau sekalian, yaitu pekerjaan yang memang ngepas untuk kamu anak kost yang memang punya keinginan untuk menghasilkan uang, setidaknya untuk uang rokok sanggup terbeli sendiri lah (tapi bagusnya lagi gak merokok sih...). Langsung aja dibaca di bawah ini oke?

1. Menjadi Guru Les / Privat

  
      Jika kamu memiliki otak yang cemerlang, jago dalam pelajaran, baik SD, SMP bahkan SMA gk masalah untuk membuka les / privat. Selain kamu mendapatkan penghasilan, kamu juga akan memiliki pengalaman dan wawasan, siapa tau kamu bakal jadi guru atau dosen. So dengan menjadi guru les / privat, kemampuan kamu dalam mengajar dapat lebih terasah lagi.  

      Les / privat topiknya tidak musti tentang pelajaran, jika kamu mempunyai keahlian dalam bidang olahraga, misal sepak bola, bisa juga diprivatkan bagi anak – anak yang hobi sepakbola. Peluang tentu saja bagus untuk membuka les / privat, banyak tuh tetangga sebelah yang mau anaknya diprivatkan untuk mengasah kemampuan si anak. Cobain deh...

2. Jasa Pengetikan

      Nah, ini buat kamu yang memiliki kecepatan mengetik yang sangat spektakuler tentu saja cocok untuk membuka jasa pengetikan ini, banyak tuh pasien yang ingin diketikkan tulisan buat tugasnya, baik makalah, portofolio, paper, atau apalah yang penting berhubungan dalam ketik mengetik. Tunggu apalagi, mulai dari sekarang usaha ini dan lihat berapa banyak pasien yang berkunjung ke tempat kamu.

      Untuk jasa pengetikan ini kamu harus memahami stkamur pengetikan di setiap kampus, siapa tau pasien kamu merambah hingga kampus lain, tentunya stkamur pengetikan ini berbeda setiap kampusnya. Tentunya agar si pasien tidak kecewa mempercayakan ketikannya pada kamu.

3. Jasa Antar Jemput


      Untuk kamu yang memiliki kendaraan pribadi, jasa antar jemput tidak terlalu buruk buat kamu lakoni (memang kedengarannya menggelikan sih), namun malahan ini merupakan usaha yang menjanjikan dapat menghasilkan banyak uang juga untuk persediaan bulan tua yang tak pernah terbayang oleh kamu sendiri. Sasaran utamanya kamu boleh jadi anak tetangga yang masih sekolah, boleh si mbak cantik sebelah kost yang berangkat kerja, ataupun rekan kuliah kamu yang bersedia membayar kamu per bulannya untuk diantar-jemput. 


4. Bakat Desain Grafis

     Jika kamu memiliki bakat dalam mendesain grafis, jangan sia-siakan kemampuan ini. Kamu dapat mendesain logo suatu blog atau usaha, mendesain iklan, brosur, poster atau spanduk, baik untuk seminar yang digelar di kampus kamu atau untuk mereka yang memiliki usaha. Lainnya mendesain baju hingga mengedit foto orang yang mau membayar kamu. Tentu saja usaha ini sangat berpotensi menghasilkan bagi kamu, dan banyak yang mau membayar untuk karya kamu tersebut, bahkan ada yang mau membayar mahal untuk kreatifitas yang kamu miliki tersebut.

5. Penulis Online


      Buat kamu yang suka jalan, sering melihat hal – hal yang unik, atau kamu yang memiliki banyak jaringan dan informasi, pekerjaan ini cocok untukmu. Daftar aja di situs portal berita untuk menjadi penulis di situs tersebut, karena banyak sekarang situs portal berita yang menerima lamaran penulis online juga. 


      Alternatif lain kamu dapat mengikuti lomba menulis cerpen, puisi, atau artikel yang diadakan oleh situs – situs tertentu yang dapat kamu cari di mbah google informasinya. Atau kamu yang memiliki selera humor tinggi bisa juga ikuti lomba menulis humor atau cerita lucu, untuk yang satu ini kamu dapan mencoba di situs berikut, klik aja disini untuk melihat cara – caranya.

      Lain lagi dengan kamu yang memiliki blog, kamu dapat mengikuti lomba SEO jika kamu memang memiliki blog yang banyak pengunjung. Untuk saat ini banyak situs yang mengadakan lomba SEO, kamu dapat mencari di mbah google untuk informasi lomba SEO juga, contoh seperti punya saya dapat kamu lihat disini.


6. Asisten Dosen


       Kalo asisten dosennya kayak foto diatas, seharian penuh ane mau belajar ama ni asisten dosen, akakakka. Tapi ini sekedar intermeso ya sob, jangan ntar malah dosennya disuruh nyari asisten dosen yg beginian, wkwkwkwk. Okelah, kita langsung saja ke topik selanjutnya, marii....

      Kamu punya kemampuan untuk menjalin hubungan baik dengan dosen, memiliki otak yang brilian, sudah barang jadi dapat dipakai oleh dosen suatu saat untuk menjadi assistennya. Pokoknya terus berusaha agar mata dosen tak berpaling darimu (udah kayak percintaan aja -___-“ ). Siapa tau terpilih menjadi assistennya tentu dapat menjadi ajang yang baik untuk mengasah kemampuanmu dan bisa jadi diperhitungkan untuk diundang menjadi dosen di kampus kamu suatu saat nanti.

7. Hospitality


      Maksudnya disini bukan menjadi pegawai di rumah sakit ya, tapi pekerjaan ini berhubungan dengan yang namanya pelayanan. Misalnya menjadi housekeeping, pramusaji, dsb. Memang tidak menjanjikan untuk mengejar karir kamu, namun pekerjaan ini memiliki waktu yang fleksibel untuk disesuaikan dengan jadwal kuliah kamu, tentu saja dapat membantu keuanganmu juga.

      Khusus untuk pramusaji, jika kamu gampang akrab dengan orang, ramah terhadap sekitar dan murah senyum tentu saja cocok untuk pekerjaan ini. Apalagi jika gara – gara kamu itu cafe jadi banyak pengunjungnya, atau kerjaan kamu beres dan dapat diandalkan, bisa jadi gaji kamu dinaikkan lho. 

8. Jaga Warnet


      Pekerjaan yang satu ini juga termasuk dalam kategori ‘hospitality’. Pekerjaan ini kalo saya sebut pekerjaan ‘sambil menyelam minum air’, karena selain kamu mendapatkan uang, kamu juga bisa ngerjain tugas tanpa harus membayar, atau dapat penghasilan lebih dari kerjaan tambahan yang diberikan pengunjung, seperti pengetikan dsb. Apalagi jika kamu ngekost di warnet tersebut, otomatis untuk tinggal di warnet itu bisa jadi murah biayanya atau malah gratis sewa kamar jika kamu akrab dengan pemilik warnetnya. 

9. Ngerjain Bisnis Online Kecil - Kecilan



      Untuk kamu yang selalu dekat dengan internet, always online gitu, job ini sangat cocok buat kamu. Daripada online gak jelas, hanya sebatas facebookan, twiteran, mending diselingi dengan ngerjain bisnis online kecil – kecilan seperti program affiliate situs komersil seperti Amazon.com. Atau boleh juga menjalani situs PTC (Pay To Click) yang kerjaannya Cuma klik iklan yang disediakan oleh situs penyedia iklan yang kamu ikuti. Memang tidak terlalu menjanjikan pada awal kamu mengerjakannya, namun lama – kelamaan bisa jadi kamu memiliki penghasilan terbanyak dari sini asalkan kamu mau bersabar. 

      Untuk bisnis online ini dapat kamu baca disini cara – caranya, cukup klik disini dan kamu akan dihantarkan ke halaman daftar bisnis online yang sedang saya jalankan dan terbukti membayar. Untuk hal ini kamu hanya butuh modal jaringan internet, teman yang banyak di facebook dan twitter (pastinya banyak dong teman kamu di facebook dan twitter, apalagi untuk kamu yang rada – rada alay gitu, kayak adminnya, hahaha), trus sebuah blog untuk mempromosikan link kamu untuk menambah referal di bawahmu yang dapat meningkatkan penghasilanmu. Tunggu apalagi, tinggal klik aja disini. 

Please Share This


Jangan Lupa Kunjungi Forum Kita
Klik Di Sini
Chairul Ichsan Maulana. Diberdayakan oleh Blogger.